WanaCrypt Patch untuk Windows 8, XP

Microsoft Corp. hari ini mengambil langkah yang tidak biasa untuk mengeluarkan update keamanan untuk mengatasi kekurangan pada versi Windows yang lebih tua dan tidak didukung - termasuk Windows XP dan Windows 8. Langkah ini merupakan upaya untuk memperlambat penyebaran strain ransomware WanaCrypt yang menginfeksi puluhan ribu Windows komputer hampir semalam minggu ini.



Pada hari Jumat, 12 Mei, banyak organisasi di seluruh dunia mulai menangkis serangan dari alat ransomware yang dikenal sebagai WannaCrypt, WanaDecrypt dan Wanna.Cry. Ransomware mengenkripsi dokumen pengguna, gambar, musik dan file lainnya kecuali jika pengguna membayar kunci untuk membukanya.

Dengan cepat menjadi jelas bahwa Wanna sedang menyebar dengan bantuan kerentanan file sharing di Windows. Microsoft mengeluarkan sebuah patch untuk memperbaiki kekurangan ini pada bulan Maret 2017, namun organisasi yang menjalankan versi Windows yang lebih tua dan tidak didukung (seperti Windows XP) tidak dapat menerapkan pembaruan karena Microsoft tidak lagi memasok patch keamanan untuk versi Windows tersebut.

 Raksasa perangkat lunak hari ini membuat pengecualian terhadap kebijakan tersebut setelah menjadi jelas bahwa banyak organisasi paling terpukul oleh Wanna adalah mereka yang masih menjalankan versi Windows yang lebih tua dan tidak didukung.

Pembaruan untuk mengatasi bug berbagi file yang Wanna gunakan untuk menyebar sekarang tersedia untuk Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003 melalui tautan di bagian bawah saran ini.

Pada hari Jumat, setidaknya 16 rumah sakit di Inggris dipaksa untuk mengalihkan pasien darurat setelah sistem komputer terinfeksi dengan Wanna. Menurut beberapa cerita di media Inggris, sekitar 90 persen fasilitas perawatan di Dinas Kesehatan Nasional Inggris masih menggunakan Windows XP - sistem operasi berusia 16 tahun.

Menurut sebuah tweet dari Jakub Kroustek, seorang peneliti malware dengan firma keamanan Avast, perangkat lunak perusahaan telah mendeteksi lebih dari 100.000 kasus ransomware Wana.

Di bawah adalah Pautan Muat turun bagi versi Windows:


No comments:

Powered by Blogger.